Pages

Saturday 2 June 2007

Sekilas Program

Hutan rakyat yang dibangun di Kabupaten Kebumen merupakan langkah awal dari The Tropical Forest Trust_Indonesia dalam turut serta membangkitkan gairah masyarakat yang terlanjur masa bodoh dengan jenis tegakan Mahoni. Selain tentunya atas dasar permintaan kayu mahoni yang bersertifikat FSC di luar negeri tinggi, juga sebagai lanjutan studi yang pernah dilaksanakan di 5 kabupaten. Bukan hal yang disengaja kalaulah studi ini berada dalam kabupaten yang sudah melaksanakan kesepakatan bersama dalam satu wadah Barlingmascakeb.
Dimulai pada bulan September 2006, TFT membuka kantor perwakilan di Gombong dengan menempatkan 3 orang staff yang kompeten di bidangnya masing-masing. Hingga kini telah terbentuk 8 Kelompok Tani Mahoni atau KTM di kabupaten ini. 8 KTM tersebut tersebar di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Karanganyar, Karanggayam, dan Rowokele. Kecamatan lainnya masih dalam taraf sosialisasi dan konsultasi.
Desa-desa yang telah dibentuk Kelompok Tani Mahoni diantaranya adalah Desa Candi, Giripurno, Wonorejo, dan Pohkumbang yang masuk dalam Kecamatan Karanganyar. Desa Logandu dan Desa Clapar di Kecamatan Karanggayam, sedangkan Desa Wonoharjo terdapat 2 KTM yang masuk wilayah Kecamatan Rowokele. Kecamatan yang dalam waktu dekat ini akan dibentuk KTM karena tahap sosialisasi sudah memungkinkan untuk pembentukannya yakni di Kecamatan Sruweng yaitu Desa Sidoagung dan Kecamatan Adimulyo yakni Desa Sidomukti dan Desa Arjomulyo.

By Centung

No comments:

Post a Comment